Uncategorized

BINGKAI MAGENTA | Blog Tour [Review + Giveaway]

Serena Heaven sangat berbeda dengan @SeventHeaven. Serena adalah gadis yang kesehariannya berada di toko tua, menyewakan buku dan piringan hitam video. Ia merasa baik-baik saja selama duduk di kursi malas dengan menopangkan kaki pada lengan kursi, makan camilan, dan ditemani layar datar yang memutar ulang film-film Warkop DKI. Serena tidak mungkin menjadi Seven yang sangat terkenal, jika tanpa toko tuanya.

Sudut-sudut toko yang klasik sering dijadikan obyek foto menarik untuk akun instagramnya. Surel pertama ia terima dari Sakura Shoes yang menawarkan kerja sama berbentuk endorsment. Setelah itu, ia kebanjiran barang-barang untuk di-endors. Ia pun mulai “membersihkan” beberapa foto yang kurang menarik di instagram, seiring dengan follower yang jumlahnya bukan lagi puluhan ribu, tetapi jutaan.

Maru cukup berbeda dengan orang-orang yang datang ke toko Serena. Inilah yang akhirnya membuat mereka dekat. Perempuan bertubuh gempal itu menjadi “juru foto” untuk Serena.

Suatu hari, datang sebuah paket untuk Serena. Isinya adalah kamera.

Dear Seven, foto-fotomu menarik. Ini hanya hadiah kecil, pakailah supaya feed-mu terlihat lebih seru. Kapan-kapan kita harus bertemu. Salam dari salah seorang pengikutmu. (Eru)—hlm. 40.

Di belahan bumi yang berbeda, Aria sibuk mengecek barang-barang yang baru saja dibeli. Ia adalah pemilik online shop @HankachiShop. Cukup banyak orang-orang yang berbelanja di akunnya. Sudah enam bulan Aria di Osaka untuk mengikuti sekolah bahasa sebagai persiapan ke universitas. Ia tinggal bersama Gesang, seorang dokter. Karena berstatus “menumpang”, Aria mempunyai banyak kewajiban. Salah satunya memastikan asupan makan untuk Gesang terpenuhi dengan baik.

Selain sibuk dengan online shop-nya, Aria juga gemar melihat foto-foto menarik di akun @BingkaiMagenta. Sebenarnya, foto di sana sederhanya. Tetapi bingkai magenta di setiap foto membuat tampilannya sangat unik. Lebih menariknya lagi, @BingkaiMagenta ini juga sedang berada di Jepang bersama kekasihnya, pemilik akun @SeventHeaven.

Suatu malam, Aria dibuat terkejut dengan kedatangan Gesang yang menggendong seorang perempuan pingsan dengan luka di pelipisnya. Aria merasa tidak asing dengan wajah itu. Ketika sadar, perempuan yang sama-sama berasal dari Indonesia tersebut mengaku bernama Serena. Dugaan Aria meleset, karena ia sempat mengira bahwa perempuan itu adalah Seven.

Untuk beberapa waktu, Serena ikut tinggal bersama Gesang dan Aria. Serena tidak berani keluar karena ada orang yang mengejarnya. Meskipun, di sisi lain ia tetap bergeming setiap ditanya tentang memar-memar bekas siksaan yang ada di tubuhnya.

Ada seseorang yang sangat ingin ia lindungi.

***

Instagram bukanlah sesuatu yang asing dalam kehidupan masa kini. Hampir setiap orang punya. Selain untuk memposting foto pribadi, bisnis pun dilakoni dengan menggunakan media sosial ini.

Instagram “hanya” menampilkan hal-hal yang “bagus”. Inilah akhirnya yang dialami oleh Serena. Dan, segala permasalahan dalam hidupnya pun muncul “hanya” gara-gara instagram. Ia terlena dengan follower yang sangat banyak, serbuan simbol hati, juga keingintahuan respons orang-orang setelah beberapa detik ia mengunggah foto-foto menariknya.

***

Bingkai Magenta adalah satu dari tiga novel karya Ghyna Amanda, yang saya baca. Novel ini menarik karena mengupas banyak hal tentang pengaruh Instagram dengan kehidupan seseorang. Tokoh-tokoh di dalamnya terhubung karena media sosial ini. Keterhubungan mereka pun dibuat dengan unik, dan tidak mustahil jika hal seperti yang ditulis Ghyna dalam novel ini, memang ada dalam versi nyata.

Siapa Eru? Raguel Sinatra? Bingkai Magenta?

Pembaca akan diajak bertemu dengannya secara perlahan, manis, dan tak terduga. Jangan buru-buru menyimpulkan akhir cerita ini, karena masih banyak hal-hal mengejutkan lainnya hingga lembar novel sampai di halaman terakhir.

Selamat, Ghyna! Novel yang kewren badas!

Ketika menjalankan tugas memotretnya, Shinsuke akan menanyakan beberapa hal, seperti apa yang Serena suka, apa yang Serena benci, apa yang sebenarnya ingin Serena lakukan.

“Do you really like that kind of things? I mean, to show off everything?”—hlm. 227.

***

Judul: Bingkai Magenta

Penulis: Ghyna Amanda

Penyunting: Avifah Ve

Penerbit: Laksana

Tebal: 272 halaman

Setelah ulasan pengantar di atas, ada baiknya kalian memiliki buku ini. Ada satu (1) eksemplar buku Bingkai Magenta buat kamu yang beruntung. Oh ya, giveaway ini berlangsung sampai tanggal 6 Agustus 2017, jadi jangan ketinggalan. Pemenang akan diumumkan selambat-lambatnya pada tanggal 8 Agustus 2017.

Berikut ini syarat dan ketentuannya.

1. Domisili di Indonesia.
2. Follow akun Twitter @laksana_fiction atau like FB Penerbit DIVA Press, juga follow @Haitiwi.
3. Bagikan tautan giveaway ini di medsos. Boleh mensyen saya dan atau penerbitnya, boleh juga nggak.
4. Kamu yang punya IG, follow @penerbitdivapress, ya! (buat yang punya IG saja).
5. Tulis nama, akun Twitter, dan alamat surelmu di kolom komentar, diikuti jawaban pertanyaan ini:

Apa/siapa yang sangat ingin kamu lindungi di dunia ini? Alasannya?

Saya tunggu jawaban menarikmu! 🙂

Spread the love

56 thoughts on “BINGKAI MAGENTA | Blog Tour [Review + Giveaway]

  1. Shofi Lutfiana
    @Lutfianashofi
    Jombang Jawa Timur
    Yang ingin saya lindungi adalah hati saya karena seberapapun saya memiliki segalanya namun jika hati saya terluka itu akan membuat segalanya menyedihkan dan saya akan merasa tidak peduli dengan orang disekitar saya ketika hati saya terluka

  2. yang ingin saya lindungi adalah Habaek dewa Air dari ciwik-ciwik karena sangan GANTENG!!!!!!!!!!!

    1. cuba bercermin dulu, mbak. situ sama sin she kyung cantikan mana? atau sama kristal (fx) laaahhhh~~~

  3. halo, ikutan giveawaynya ya 🙂
    Indomie! haha apalah arti hidup tanpa indomie. wkwk kenikman tiada tara saat lapar apalagi kalo pake cabe 😛
    vanisa desfriani
    @ishavanisa
    ishavanisadesfriani[at]gmail[dot]com

  4. Yang ingin saya lindungi adl bapak. Seorang penjaga hati kami (ibu, adik, saya). Seorang yg melindungi mimpi-mimpi kami agar tak pecah dan hancur begitu saja. Bapak, org pertama yang ingin saya lindungi agar aman kami semua dari terpaan dunia yg menyesakn

  5. Jimin, dong. Dia tuh sibuk banget melindungi orang lain sampe lupa melindungi diri sendiri, sibuk mencemaskan member BTS lainnya, coba deh tonton video “Everyone Needs Jimin in Their Lives”di youtube, bikin haru pokoknya. Dia juga sibuk nurutin maunya fans yang kadang bar-bar nyuruh dia diet. Padahal kan dia gitu aja udah lucu. Udah pas. Leave him be. *malah curhat*
    Netizen, tolong dong jangan nyuruh Jimin diet lagi. Biarin Jimin bahagia dengan pipi gembilnya. *lap ingus*
    @renifatimatuz

    1. apa maksud anda dengan mengatasnamakan istri namjoon tapi malah mau melindungi jimin (saya)? hah?!

      1. Ya kan karena aku ini istrinya Namjoon, ya dia logikanya dia melindungi aku. Karena Namjoon ini suami teladan yang sayang banget ama istrinya dan otomatis dia bisa jaga diri sendiri, jadinya aku bisa melindungi Jimin ehehe~~

      2. Ya berhubung aku istrinya Namjoon, logikanya, dia dong yang melindungi aku. Karena Namjoon ini suami teladan yang baiknya nggak ketulungan, dia bakal memastikan aku aman dan nggak akan cemas ama keadaannya. Aku percaya Namjoon bisa jaga diri dengan baik. Jadinya, aku bisa melindungi Jimin dengan tenang, ehehe. Tapi aku tetep akan ada di sisi Namjoon kok, sambil melindungi dan melestarikan Jimin. uwuwuwu

      3. Yaampun Jimin dan istrinya Namjoon pada brantem, Chen di sini baek-baek saja. Apa nggak ada yang ngajak foto-foto gitu HIH

    2. Ini maksudnya apa? Saya istri Namjoon yang sebenarnya.

      Tapi saya setuju kalau Jimin perlu dilindungi. Mari kita lindungi Jimin. Merdeka!

      1. jadi namjoon istrinya ada dua? yalaaa betapa bahagianya dia….
        yaudah ya makasih kalian udah mau melindungi jimin, yang notabene suami saya.

        1. Sebenarnya kami ini kembar, mbak. Nah kembaran saya itu tugas utamanya bantuin saya jagain Namjoon pas saya lagi sibuk kloning Jimin. Makhluk kayak Jimin kan harus disayang dan dilestarikan. Dibudidayakan kalo perlu. Biar dunia ini damai. Secara, Jimin kan hatinya kayak malaikat *lalu meleleh*

  6. Pertanyaan: Apa/siapa yang sangat ingin kamu lindungi di dunia ini? Alasannya?
    Jawaban: Yang sangat ingin saya lindungi adalah diri saya sendiri, alasannya karena untuk melindungi orang-orang yang saya sayang dan saya cintai dan yang ada disekitar saya maka saya terlebih dahulu harus bisa melindungi diri saya sendiri.
    Twitter: @ririnfaridadjhr
    Surel: rifadjauhari1@gmail.com

  7. Pertanyaan: Apa/siapa yang sangat ingin kamu lindungi di dunia ini? Alasannya?
    Jawaban: Yang sangat ingin saya lindungi adalah diri saya sendiri, alasannya karena untuk melindungi orang-orang yang saya sayang dan saya cintai dan yang ada disekitar saya maka saya terlebih dahulu harus bisa melindungi diri saya sendiri.
    Twitter: @ririnfaridadjhr
    Surel: faridadjauhari3312ap@rocketmail.com

  8. Nopi
    Tulungagung, Jawa Timur
    https://www.facebook.com/nika.saputri.7
    Yang ingin saya lindungi adalah sesuatu yang bisa membeuat tersentuh. Dengan begitu, saya akan melakukan perlindungan maksimal pada sesuatu itu. Entah itu manusia, binatang, tumbuhan, atau benda mati sekalipun. *Eh… 🙊😁

  9. Tadi pertanyaannya apa? *scroll back*

    Saya ingin melindungi uhm… Ini pilihannya sulit. Mau milih Namjoon atau Jimin ya… Hmmmm

    Kepandaian Namjoon perlu dibudidayakan. Supaya makin banyak orang yang tercerahkan.

    Tapi Jimin perlu dilestarikan sekaligus dibudidayakan supaya makin banyak. Becoz… Everyone need Jimin in their lives…

    1. Harusnya emang difusion itu Jimin ama Namjoon. Ditambah sedikit ekstrak manis dan bijaknya Suga. Dunia ini pasti damai banget. Mari kita bersantai. Santai kayak di pantai~~~

  10. Siti Yulianingsih | @styulians | st.yulians@gmail.com

    Yang paling ingin kulindungi adalah kepercayaan. Kepercayaan orang tua, sahabat, pekerjaan, juga pasangan. Karena jika sudah dipercaya, berarti segala hal yang menjadi tanggung jawab dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya. Sekali saja kepercayaan itu ternoda, maka selamanya kamu tidal dapat dipercaya lagi.

  11. Apa/siapa yang sangat ingin kamu lindungi di dunia ini? Alasannya?
    Aku ingin melindungi semangat menulisku mengingat kalimat dari Pramoedya Ananta Toer, karena kau menulis suaramu akan terdengar sangat jauh, jauh hingga di kemudian hari. Aku pun berharap demikian, tulisanku dapat terdengar jauh sampai relung hati orang banyak hingga di kemudian hari. Bagiku menulis bukan hanya sekadar menekuni hobi atau mengasah kemampuan, tetapi aku ingin menjadi mata rantai perubahan sosial dengan tulisan yang aku susun. Entah pada paragraf keberapa aku berhenti melindungi semangat menulisku, tetapi sebagai manusia biasa aku ingin berusaha semaksimal mungkin untuk melindungi semangat menulis yang berkobar-kobar melebihi batas kemampuanku sendiri.

    Twitter: kiki_nurkhakiki

  12. Nama: Usup Supriyadi
    Akun Twitter: @usupsupriyadi_
    Email: usupsupriyadi@gmail.com
    Jawaban:

    Aku ingin selalu melindungi ibuku, walaupun pada kenyataannya setiap ibulah yang melindungi anaknya. Termasuk yang terjadi pada ibuku. Itu menjadi satu alasan untuk kemudian aku akan selalu melindunginya.

  13. Nama : Harjri.A
    Twitter: @madinahajriana
    surel : hajriibee@gmail.com

    jawaban :
    saya ingin melindungi “Lidah” saya sendiri. Karena saya tidak ingin membiarkan lidah saya berbicara semaunya sampai lupa bahwa ada begitu banyak hati yang tersakiti. Menjaga lidah berarti ikut menjaga hati setiap orang…

  14. Nama : Muhammad Imam Farouq
    Twitter : @Faruq_Albanna
    Email : extreme.1302@gmail.com
    Link Share :
    https://twitter.com/Faruq_AlBanna/status/892326684354985984
    Jawaban : Apa yang paling ingin saya lindungi di Dunia? Jawabannya adalah Pemikiran saya, saya ingin melindunginya, agar pemikiran saya tidak hancur, pemikiran saya tidak diracuni oleh orang-orang yang ingin menghancurkan peradaban dengan pemikiran yang salah, saya ingin melindungi pemikiran saya agar saya bisa melindungi peradaban yang indah ini
    cukup sekian dan terimakasih

  15. Nama : Zhulaydar esa putri
    Alamat Surel : sitiyuli455@gmail.com
    Jawaban :
    Kepercayaan, rasa percaya. Karena inti dari segala inti, kunci dari segala kunci dari aneka ragam dan bentuk sebuah bahkan segala hubungan.

  16. Nama : Heni Susanti
    Akun twitter/IG : @hensus91
    Email : 19hensus91@gmail.com

    Apa/siapa yang paling ingin aku lindungi?
    Apa : Hati. Tidak tahu kenapa sekarang banyak orang yang mudah terprovokasi dan membuat banyak sekali gaduh akhir-akhir ini. Jadi aku ingin bisa lebih melindungi hatiku agar bisa lebih bijak dan ringan. Tidak perlu ikut sakit hati dengan hal-hal yang disebar di luar sana.
    Siapa : Keluarga. Bagaimana pun selama ini mereka penyokong utamaku. Jadi sebisa mungkin aku akan melindungi nama baik, harga diri dan kehormatan mereka. Setidaknya hanya itu caraku membalas apa yanh sudah mereka lakukan dan korbankan untukku sampai saat ini.

    Dan….kalau bisa ingin juga melindungi Mas-Mas Korea. Melestarikan spesies mereka dan membangun Pusat Perlindungan Mas-Mas Korea agar tidak segera punah. Pasti seru ya kalau bisa mengumpulkan Mas Minho, Mas Ichang, Mas – apa Dek – Chanyeol, Mas Joong Ki, Mas Junki dan Mas serta Ahjussi lain di satu tempat dan ‘melindungi’ mereka. 😅😅

    Terima kasih 😉

  17. Nama : SOFI sh Mukhliss
    Akun twitter : @sofi_mukhliss
    Email : sofiahsofi939@gmail.com

    Yg ingin saya lindungi sejati nya adalah Guru ngaji saya sendiri, knpa begitu? , karna saya ingin sekali berbakti pada nya karna supaya hidup sya selamat di akhirat nanti. . Sejatinya tanpa ada guru ngaji kita tidak akan pernah tau apa makna dari sebuah aturan atau tatakrama sopan santun dan yg paling penting kita bsa tau untuk apa kita hidup di dunia dan siapa tuhan kita yg sebenarnya. .😊
    Apa yg ingin di lindungi? Yakni rumah sya, karna semegah”nya rumah orang sebagus” nya rumah orang tetap saja rumah sendiri lh yg paling nyaman dan bisa membuat kita tenang. .😊

  18. Nama : Hamdatun Nupus
    Akun Twitter : @HamdatunNupus
    Link Share : https://twitter.com/HamdatunNupus/status/892580863145156608
    Email : hamdatunnupus@gmail.com

    Apa/siapa yang sangat ingin kamu lindungi di dunia ini? Alasannya?

    Sesuatu yang ada di diri saya, yang ada di dalam kepala saya terutama. Karena terlalu banyak hal-hal buruk yang terjadi di masa yang sudah lewat, hal-hal yang membentuk diri saya dewasa sebelum waktunya dan begitu keras jadinya. Tidak dapat dipungkiri rasanya begitu sulit, melewati fase/tahap di tiap masanya. Dan yang membuat saya bisa tetap bertahan adalah karena sesuatu yang ada di dalam diri dan kepala saya meminta saya bertahan. Mensuplai deras segala hal-hal positif agak saya tetap waras.

  19. Nama : Alifa Nanda Tarina
    Twitter : @nanda_taruno
    email : tarina_a@yahoo.com

    Apa/siapa yang sangat ingin kamu lindungi di dunia ini? Alasannya?

    Kedua orang tua saya, karena mereka memang layak untuk terjaga dan terlindungi… tanpa mereka saya bukan apa-apa, saya bukan seorang Alif yang tegar

  20. Nama: Atiyah
    Twitter: @yultiyul5
    Facebook: Tyl
    Alamat Surel: TAtiyah49@gmail.com
    siapa orang ingin dilindungi di dunia ini?
    Jawaban: sejatinya orang yg ingin aku lindungi adalah orang yang juga selalu berusaha melindungiku. Melindungi aib dan segala keburukanku melindungi dari bahaya atau hal negatif. Adakalanya keluarga atau teman bersembunyi dibalik topeng nama itu seakan2 mereka melindungi nyatanya mereka sendiri yang menjatuhkan.

  21. Nama: Nurul Hifa
    Twitter: @nuhifalala
    Alamat Surel: nhikmatulfatimah@gmail.com

    Apa/siapa yang sangat ingin kamu lindungi di dunia ini? Alasannya?
    Yang paling ingin aku lindungi itu orang tua. Mungkin klasik ya, karena setiap anak juga pasti ingin melindungi orangtuanya. Tapi buatku orang tua memang harta yang terlalu berharga. Semua hal yang udah mereka lakukan buat aku itu gaakan pernah sebanding dengan perlindungan yang bisa aku kasih ke mereka seumur hidupku 🙂

  22. Nama: Melisa Oktaviana
    Domisili: Jepara, Jateng
    Twitter: @Melisaa98_
    Email: Melisaviana9@gmail.com
    .
    Orang yang ingin Aku lindungi, yang pasti DIA yang sekarang Bersamaku. Sudah cukup Dua kali aku kehilangan orang yang Aku sayang. Orang-orang yang sangat Aku sayangi itu sudah diambil Tuhan 🙁 dan Aku ngga mau lagi itu terjadi. Eitts.. Ini bukan karangan seperti di cerita-cerita fiksi. Tapi kenyataan yang Aku rasakan. Bahwa ditinggal orang yang disayangi itu dapat membuat kita rapuh.

  23. Nama: Laras
    Akun Twitter: @larasati_siti
    Email: sitilarasati1994@gmail.com
    Apa/siapa yang ingin saya lindungi ? Itu adalah keluargaku, kedua orang tua dan saudaraku, merekalah yang selalu ada dan mendukungku di saat suka maupun duka. Sebahagia ataupun sesedih apapun hidup yang kujalani, aku pasti kembali kepada mereka. Bersama mereka aku bisa menjadi diriku yang sesungguhnya dan apa adanya, karena itulah keluarga adalah hal yang paling aku lindungi selama hidupku.

  24. Nama: Ayu Calista
    Akun Twitter: @ayucalista18
    Surel: ayucalista18[@]gmail[.com]

    Yang ingin dilindungi di dunia ini adalah ego aku. Karena kerukunan antar masyarakat itu bisa ada jika saling melindungi dan menekan ego masing-masing. Kedamaian bagi dunia pun akan tercipta.

  25. Nama: Fitra Aulianty
    Twitter: @fira_yoopies
    Email: fitra.aulianty[at]gmail[dot]com

    Yang saya ingin lindungi adalah mama. Karena selama ini mama selalu melindungi saya.

  26. Nama : Dinan Wiyantika
    Twitter @dinan_wiyantika
    Surel : dinanwiyantika26@gmail.com

    Yang ingin saya lindungi adalah pikiran saya.Karena pikiran adalah awal dari tindakan/bicara kita.Ketika pikiran kita positif maka kita akan melakukan tindakan atau pembicaraan yang baik.Sedangkan ketika pikiran kita negatif maka akan menghasilkan tindakan atau pembicaraan yang tidak tepat,yang mungkin bisa merugikan diri kita sendiri atau orang lain.

  27. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Twitter: @san_fairydevil
    Email: alamadt_saya@yahoo.com

    Apa/siapa yang sangat ingin kamu lindungi di dunia ini? Alasannya? — Harga diri. Karena hal terakhir yang akan aku miliki ketika segalanya lenyap dari hidupku adalah harga diri. Karena harga diri adalah harga yang Tuhan berikan untukku dan sebuah harga yang tidak bisa dihitung berapa nominalnya. Satu-satunya hal yang tidak bisa diukur, apalagi dibeli.

    Aku bisa berdiri, menantang dunia, tetap percaya diri, akan selalu merasa setara dengan siapapun karena aku punya harga diri. Sesuatu yang membuatku tidak bisa direndahkan oleh siapapun atau merasa rendah atas apapun.

  28. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95 twitter
    elsitafransiska@gmail.com

    Keluarga. Karena mereka adalah bagian dari diri saya yang juga akan membuat saya terluka jika mereka terluka, begitu pun sebaliknya. Sesederhana itu alasannya 🙂

  29. Savira Ristianti
    @viraristian
    svristianti25@gmail.com

    Apa/siapa yang sangat ingin kamu lindungi di dunia ini? Alasannya?

    Hati. Aku ingin melindunginya. Ketika hati ini kuat, aku dapat mengalahkan mereka dengan pemikiran jahatnya. Ketika hati ini kuat, aku dapat menjaga kepercayaan mereka. Ketika hati ini kuat, aku dapat menolak segala godaan nafsu pendobrak iman. Ketika hati ini kuat, aku dapat menendang rasa keegoisan ini jauh-jauh. Ketika hati ini kuat, aku bisa berlapang dada saat harga diri ini telah jatuh. Ketika hati ini kuat, aku dapat menahan segala ancaman kehidupan yang mencoba membombardir jati diri. Ketika relung hati ini terketuk, aku dapat menjaga ‘mereka’ yang telah mengajarkan aku untuk tetap setia melindungi hati ini. Hati pemberian Tuhan Yang Maha Esa.

  30. Bintang Maharani
    @btgmr (twitter)
    btgmhrn@gmail.com

    Melindungi diri sendiri yaitu meyangkut prinsip hidup serta kebaikan yang sudah ada di diri saya supaya tidak terpengaruh oleh keburukan serta propaganda yang marak terjadi belakangan ini. Karena saya tidak ingin menjadi seorang pembenci, apalagi mengotori hati dengan hal-hal yang tak manusiawi.

  31. nama: Bety Kusumawardhani
    akun Twitter: @bety_19930114
    email: aki.no.melody@gmail.com

    Uang di dalam dompetku adalah hal yg harus aku lindungi saat ini karena dialah penopang hidupku sehari-hari terutama ketika tanggal tua datang. Selagi masih tanggal muda, aku akan melindunginya dengan segenap kesadaran jiwaku supaya tidak mengeluarkan uang berlebih untuk keperluan yg tidak berfaedah. Klo bisa sih, aku ingin membuat dompet ber-password (mirip brankas) agar ke-borosan-ku bisa dikondisikan. 😂

  32. Nama: Desita Wahyunigtias
    Twitter: @desitaw97
    Alamat surelmu: –
    Apa/siapa yang sangat ingin kamu lindungi di dunia ini? Alasannya?
    Merasa hidup.
    Hidup yang kumaksud bukanlah dalam artian nyawa, melainkan sesuatu yang lebih kompleks. Jika Karl Marx mendefinisikan hakekat manusia adalah bekerja. Maka sekurang-kurangnya, merasa hidup berarti tidak mengalami alienasi (keterasingan). Sehingga fokus bekerja dalam hidup bukan untuk mencari nafkah, melainkan untuk mengembangkan diri. Dan perkembangan tersebut dapat disadari serta dirasakan.
    -Bukankah merasa hidup adalah alasan terbesar kita menghargai hidup?-

  33. Nama: Cahya
    Twitter: @ccchhy
    Email: cahyasptm@gmail.com

    Nama baik keluargaku adalah hal yang sekarang ini paling aku lindungi. Pasalnya aku tahu rasanya menjadi faller.

    Maybe, just maybe, I’m the faller. Every family has, like, someone who falls, who doesn’t make the good opportunity, who stumbles, who life trips up. Maybe I’m my family’s faller. Dan itu rasanya nggak enak banget karena aku sering jadi sorotan serta perbincangan di antara keluarga besar bahkan tetangga sekitar. Terkadang aku nggak sanggup untuk sekedar menatap wajah orang-orang itu.

    Back then, I was thought kalau aku yang ‘jelek’ ya biarlah kalian nilai aku aja yang seperti itu. Tapi ternyata nggak bisa begitu karena bagaimana pun nama keluargaku – termasuk orangtuaku – akan selalu dikaitkan denganku. Maka dari itu, aku nggak mau membuat nama keluargaku jelek dan bikin mereka sedih karena aku lagi.

  34. Nama: Lynn Melody
    Akun Twitter: @justlynn23
    Alamat surel: lovelynn.melody@gmail.com
    Jawaban: Aku ingin melindungi diriku sendiri dari ujung rambut sampai ujung kuku. Aku ingin melindungi pikiranku agar tetap positif. Melindungi mulut ini agar nggak sembarangan nyinyirin orang atau komentarin negatif apalagi di sosmed. Melindungi hatiku dari hal-hal negatif yang berpotensi bikin mudah baper apalagi iri dengki, supaya hatiku tetap putih bersih demi kebahagian dan ketenteraman jiwa. Melindungi prinsip hidupku agar tetap terjaga, nggak mudah goyah oleh hal-hal yang perlahan bisa mengikisnya. Melindungi harga diri, kejujuran, dan kepercayaan karena itu merupakan harga mati. Serta melindungi semuanya. Karena agar aku bisa melindungi orang lain aku harus bisa melindungi diriku sendiri terlebih dahulu. Kalau melindungi diri sendiri aja nggak bisa, bagaimana mau melindungi orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *